Biaya Legalisasi Notaris

Biaya Legalisasi Notaris, Kebutuhan akan jasa legalisasi dokumen di notaris menjadi salah satu hal yang penting untuk beberapa orang, terutama bagi mereka yang ingin mengurus dokumen khusus untuk mengerjakan urusan ke luar negeri. Melakukan legalisasi dokumen di notaris juga terbilang praktis meskipun biaya yang dikenakan dapat dikatakan tidak murah.

Biaya Legalisasi Notaris

Biaya Legalisasi Notaris

Perlu Anda ketahui bahwa biaya legalisasi notaris terbilang cukup menguras isi dompet. Kisaran biaya Legalisasi notaris secara umum di Indonesia dari harga Rp. 200.000 hingga Rp. 400.000 tergantung jenis dokumennya.

Biaya tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu dan terkadang mengalami kenaikan.

Untuk durasi atau waktu lamanya dokumen legalisir oleh notaris, terbilang cepat jika Anda bandingkan dengan legalisir di instansi lain seperti Kementerian Hukum, Kementerian Luar Negeri, dan kantor lainnya.

Umumnya satu dokumen atau surat singkat akan butuh waktu sekitar dua hari saja.

Untuk dokumen yang tebal dan banyak maka tentunya akan memakan waktu lebih banyak saat proses legalisasi dokumen, bisa sekitar empat hingga lima hari jam kerja.

Proses Biaya Legalisasi Notaris

Anda mungkin salah satu orang yang masih bertanya-tanya, kenapa terjemahan dokumen penting perlu dilegalisir oleh notaris?

Perlu Anda ketahui bahwa ketika dokumen penting yang diterjemahkan berkekuatan hukum.

Maka, Anda sebaiknya mempercayakan terjemahan pada penerjemah tersumpah dan hasil terjemahan sah oleh notaris.

Notaris yang merupakan pejabat umum memiliki kewenangan membuat akta autentik pada suatu dokumen penting.

Dokumen tersebut nantinya akan notaris sahkan melalui tanda tangan, mendokumentasikan tanggal surat di bawah tangan dalam buku khusus.

Prosesnya sendiri yaitu menghadirkan pihak pembuat dokumen tersebut ke hadapan notaris. Selanjutnya, penandatanganan dokumen di hadapan notaris.

Tanggal penandatanganan haruslah tanggal saat terjadinya perbuatan hukum yang memunculkan hak serta kewajiban antara pihak terkait atau pihak yang bersangkutan.

Dokumen ataupun surat selesai Anda legalisasi jika tanda tangan notaris telah notaris bubuhkan pada dokumen.

Persyaratan Biaya Legalisasi Notaris

Ada beberapa dokumen yang menjadi persyaratan legalisasi dokumen oleh notaris yang harus Anda siapkan sebelum mendatangi kantor notaris. Antaranya:

  • Dokumen atau surat asli yang akan Anda legalisasi. Misalnya, ijazah asli, akta lahir asli, dan lain-lain.
  • Fotokopi dokumen yang telah terlegalisasi oleh instansi terkait. Misalnya, fotokopi ijazah yang sudah mendapat legalisir oleh pihak kampus asal.
  • Fotokopi dokumen paspor job offer, akta lahir, serta terjemahan.

Kelengkapan dokumen-dokumen di atas masukkan dalam map plastik atau kertas yang kemudian bisa Anda bawa dan serahkan langsung pada notaris.

Ada juga notaris yang memberi kelonggaran dengan pengantaran dokumen yang bisa menggunakan jasa kurir atau pos.

Tapi jika Anda ingin lebih memastikan dokumen sampai dengan aman, Anda bisa membawanya sendiri ke kantor notaris.

Butuh Konsultasi Seputar Legalisasi?

Anda bisa segera menghubungi tim customer service kami untuk berkonsultasi mengenai keperluan penerjemahan dokumen penting Anda secara gratis. Kami siap melayani Anda dengan sepenuh hati dan membantu Anda memahami proses serta opsi yang tersedia. Keberhasilan proyek penerjemahan Anda adalah prioritas kami.

Leave a comment

Stay Update

Be the first to know about our latest editions
and get exlusive invites to our events.

ThemeREX © 2024. All rights reserved.

Promo Terbatas Layanan Jasa Penerjemah (Whatsapp)
Call Now